Selasa, 28 Februari 2012

PMT - Vit A

Hayooooo.. siapa yang waktu bayi-balita blom pernah dikasih vitamin A ?? angkat kakinyaaaaahh...
Kmaren itu pengalaman kedua gue jadi ibu kader, heheee. Seruuu sih tapi ada rasa takut-takut pas ngasih penyuluhan, takut salah ngomooooongg. Untungnya masih di dampingin sama ibu kader yg asli :D Jadi, kerjaan gue cukup catat-mencatat KMS ajah. Yaa skalian blajar gitu kalo terjun langsung ke lapangan gimana. PMT kmaren diadain di daerah jatayu, deket kampus ajalah jd slesai acara langsung ngampus LAGI (dan, ngumpulin tugas LAGI). Bayi nd balitanya banyaaaakk banget yg dateng. Yeaaayy seneng yah kalo masih banyak yang peduli ama kesehatan khususnya perkembangan bayi nd balita kita *nyengir lebar* (kita? hopefully someday)

Ada anak yang pas ditimbang ga mau turun, mungkin gara-gara keenakan kali yaa di ayun-ayun jadi betah. Tingkahnya yang polos itu loh yg menggemaskan banget.

Ada anak yg nangis ga mau ditimbang tapi pas pengambilan makanan semangat banget. Dasar bocah yee...

Tiap terjun ke lapangan selalu aja ada pengalaman yang beda. Ktemu pasien berbagai macam karekter. Ada yang bersemangat banget buat dateng ke PMT, ada yang ga sengaja lewat trus akhirnya mampir, ada yang mesti di lempar rayuan gombal dulu baru mau ke posyandu. Heuuuuhh, di  suruh sehat tuh banyaaaak banget alesannya *garuk-garuk kpala*

         CIB   : Silahkan duduk bapak, anaknya namanya siapa ?
        kakek : ini bukan anak saya, tapi cucu. Namanyaaaa... kalo di rumah mah dipanggil John.
         CIB   : oo John (keren amat namanya, ada juga ternyata nama bule disini, dlm hati gue). John ditimbang dulu yaa.

Berat seimbang ama tinggi badan. Kesimpulan NORMAL :)

       CIB   : Pak, John umurnya berapa yaa ?
     kakek  : Ehhmmm..emmmhh.. Si John ini lahir pas lebaran haji kmaren dah
       CIB   : Ooo pas lebaran, tapi tanggal brapa ya ?
     kakek  : lebaran haji kmaren bulan apa dah, saya ko jadi lupa
       CIB   : skitar bulan oktober, tapi tanggal brapa pak ?
     kakek  : waduh kalo tanggal, saya lupa tuh. Pokoknya si John ini ulang tahun pas mau lebaran aja yang saya inget.

Ngga lama ibu kader yang asli dateng,

      IKA   : loh engkong ini gima siiih, lebaran kan tiap taun berubah masa ulang taunnya tiap taun brubah sih. Coba mana kartunya ?
     kakek : kartu apa ? waduh saya ngga bawa gitu-gituan wong saya pikir cuman dikasih vitamin trus dapet makanan trus pulang.
      IKA   : yaudah kalo gitu umurnya di kira-kira aja deh. Si Jono Triono ini skitar 2taunan. Coba cek Ris di buku yang itu
     CIB    : (heeeh Jono Triono, lah katanya si John. HUAHAHAAAA *ktawa ngakak*) Ooh iyaa bu.

note : CIB = calon ibu kader, gue. IKA = ibu kader asli

Daaaann, percakapan selanjutnya yang bikin gue mesem-mesem sendiri. Hahaa ada-ada aja deh si kakek. Cucunya sih diem aja, mungkin dia ngga ngerti apa yg dibilangin kakeknya ato dia bingung sbnernya nama dia siapa nd kapan sbenernya dia ulang taun.

Ada lagi orang tua yang suka ketuker sama anak kembarnya.

      CIB   : waahh, anak kembar yaa pak, lucu banget. Silahkan duduk.
     bapak : yang dateng saya nih bu, ibunya lagi dagang di pasar jadi saya yang nganterin.
     CIB    : (ibu? baru kali ini gue dipanggil ibu) Ooo iyaa ngga papa ko pak. Namanya siapa anaknya ?
     bapak : yang ini Adriatama W (baju biru), yang ini Adriatomo W (baju ungu). Tapi dipanggilnya tomo dan tama.
     CIB    : yang lahir duluan siapa pak ?
     bapak : si tama lahir duluan, ah tapi bedanya cuma 5menit kata bidannya
     CIB     : (yaiyalah 5menit, kalo beda setaun bukan kembar namanya) Yaudah kalo gitu tama duluan yang ditimbang.
 
hasilnyaaaa... (lupa gue, maaf yoo)

     CIB    : tomo harus banyak minum susu yaa biar beratnya naik masa kalah sama tama, bla..blaa..blaaaa...
     bapak : salah bu, ini tama yang itu tomo
     CIB    : loh katanya ini tama, kakaknya *garuk-garuk kpala*
     bapak : si ibu gmana sih, salah, blaa..blaa..blaaa....
      CIB   : pak saya mau nanya, cara bapak membedakan antara tomo dan tama gimana ?
     bapak : yaa saya panggil aja mreka, misalnya saya manggil tama trus siapa yang nengok berarti dia yang namanya tama.
     CIB    : hee? lah trus kalo ngga ada yang nengok gmana ?
     bapak : nah itu dia yang saya bingung. Saya manggil aja deh sesuka hati saya
     CIB    : *narik napas yg daleeeemm* *melotot* Ooo gitu. Dikasih tanda aja pak biar ga ketuker.
     bapak : ahh si ibu gimana sih, emangnya anak saya barang pake dikasih tanda sgala.

Fffiuuhh... ada-ada aja ya mreka. Abis ke lapangan gitu jadi punya kesimpulan sendiri, punya pengalaman sendiri. Kadang-kadang pengen ke lapangan lagi, nemuin keajaiban-keajaiban yang ngga ada di perkotaan. Seruuuu...

Lagi di ajarin ngisi pendaftaran sama IKA (ibu kader asli)
mesti seriuuuss, biar ga salah-salah :)

Kalo ini lagi ngantri nunggu panggilan buat dikasih vitamin A
ada yang antusias banget, ga sabaran, tapi ada juga yg pengen cepet-cepet pulang

Naaaaahh... ini dia acara intinya
ehh tapi masa ada anak yang minta nambah soalnya rasa vitaminnya manis

Tuh kaaaann semangat banget giliran dapet hadiah. Air mata berganti senyuman deh. Huhuu....

Sbenernya gue paling suka nimbang bayi daripada balita. Kalo bayi tuh enak ga banyak gerak jadi ga bolak-balik ngulang nimbang. Tapi kan biar profesional harus ngerasain smuanya.

CIB : ihh lucu banget anaknya, ganteng yaaahh...
ibunya : (nengok kebelakang) eee anaknya perempuan mba
CIB : upps, saya kira laki-laki bu, maaf yah :)

Naaaahh, ini salah satu gerakan anak yang lagi minta pulang sama ibunya.
jangan di contoh yaa adik-adik manis :)

Yaaa gitu deh kalo kita terjun langsung ke lapangan. Banyak banget hal-hal yang blom pernah kita temuin di kehidupan sehari-hari dan disini bisa kita temuin. Enjoy read guys :*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar