Language is (not) problem

"Hari gene ga bisa bahasa inggris...!!! "

Itu adalah kata-kata yang PERTAMA gue liat pas mau masuk ke dalem ruangan seminar beberapa hari yang lalu. Sedikit bikin jidat gue mengkerut kayak baju lecek yang blom di setrika. Mungkin secara ga langsung sang empunya spanduk menawarkan jasa les bahasa. Hellooo, tapi kan headline nya ga mesti gitu juga kali *naikin alis*

But, anyway bner juga sih kalo dipikir-pikir scara skarang itu uda jaman globalisasi, smua teknologi minimal pake bahasi inggris, ada beberapa juga yang pake bahasa lainnya. Jadi gini critanya, hari minggu kmaren gue abis ngedatengin seminar pendidikan internasional yang di adain sama US embassy. Ini adalah seminar gue yang kedua, stelah yang pertama diadain di KC-Hotel. Kali ini gue dateng SENDIRIAN, soalnya tmen gue lagi sibuk jd ga bisa dateng tapi gpapa, ngebolang. Awalnya gue bingung karena ga tau tempatnya, akhirnya stelah nana sana nanya sini, gue berhasil menemukan tempatnya.

       "Pak mau tanya, kalo...."
       "pasti mau ke workshop yaa?, mba lurus..belok kanan..turun tangga, bla bla blaaa"

wheee, tau aja itu bapak-bapak gue mau kmana. Dan ga lama gue lupa instruksi yg uda dijelasin, karna gue (terlalu) sibuk mratiin pameran wedding cake. Alamaaakk, cantik-cantik banget kuenya. Ada modelnya juga yg pura-pura jd pengantin trus lg motong kue.Wew!

       "Pak, kalo mau ke workshop kemana ya?"
       "Ooo, Indonesian room ya, mba lurus aja, blaaa...blaa..blaa"
       "Okey, makasi pak"

Lanjut ngelilingin isi hotel cuma buat nyari ballroom tempat workshop. Tapi ko tiba-tiba gue ngerasa ada yang ngikutin dari tadi. Gue brenti, pura-pura nelpon. Eh dia juga brenti, gue jalan pelan, dia jalan lebih pelan. Curiga? Jelas. Akhirnya gue brenti lama, cuma buat ngeyakinin kalo dia mesti jalan dluan.

       "Ooo mau ke workshop juga, mba ikutin aja mba yang ada di depan itu. Dia juga sama mau ke workshop" Si petugas itu sambl nunjuk-nunjuk gue

Gue masih sibuk mainan hp sambil ngelirik, si cwe misterius ini ngedeketin gue. Makin lama, makin deket.

       "Mba, mau ke workshop ya? bisa bareng ga?"
       "Ooo iya, saya juga mau ke sana ko, Ohya, bareng aja, saya juga sendirian"

Fffiuuhh.. gue pikir mau diculik, Hipnotis dll gitu. Ternyata si mba ini satu tujuan ama gue. Gapapa, jadi punya tmen barengan deh. Ada hikmahnya juga ngebolang sendirian. Dunia itu sempit yaa ternyata, si mba ini ternyata tmennya tmen gue loh dan kampusnya juga ga terlalu jauh dari kampus gue. Wew! Kita saling tukeran cerita deh (uda kayak sinetron)

Nah, balik lagi ke judul. BAHASA...

Karna workshop yang gue datengin ini bersifat international jadi bahasa pengantarnya pun minimal inggris-lah wlopun tergantung pembicara juga. Kalo pembicaranya dr US pasti bahasanya beda, dari Eropa juga beda. Makanya pas acara berlangsung Tab ga perbah lepas dr tangan.

Peserta pameran jangan ditanya. Dari anak skolahan sampe orang tua pada dateng, yang uda registrasi atau yang belum pun juga dateng karna saking antusiasnya. Well, samping kanan gue Lyra, mba yang ngikutin dari blakang, kiri James dkk, mahasiswa UK. Nah ini yang jadi masalah. Si James ini baru 3minggu tinggal di jakarta karna ada exchange college katanya. Sepanjaaaaaangg seminar gue trus ngobrol sama dia. Ntah dia ngerti atau ngga omongan gue.

        "This seminar is very impressive, isnt it? im James, a college student exchange"

Awalnya gue clingak-clinguk dulu, takut ke ge-er-an kalo si bule ngajak ngobrol gue, stelah bner-bner pasti dia ngobrol ama gue, baru gue tanggepin.

       "Ow haii.. im Riris.... (and so on)"

Dan terjadilah perbincangan hebat dan membuat otak gue mikir cepet buat nyari kata-kata. Kalo pake Tab kelamaan jadi ngomong aja apa yang gue pikirkan. Si James ini juga lagi blajar bahasa Indo yang baik wlopun kadang-kadang gue mesti naikin alis ato cengo karna miss understanding.

       "I extremely like the Indonesian population. They were very friendly. Saya pikir kamu juga" Yaa gitu deh contoh James mix nd match ngomong.
      "is it true? If in your country if the person is also extremely friendly as here? terima kasih atas pujiannya"

Entah kenapa slama gue ngomong ama si James ini mendadak gue berbahasa Indonesia baku. SPOK gitu, pokonya gue bner-bner nyari bahasa sebaku mungkin, takutnya kalo pake bahasa gaul si james yang naikin alis.

      "di hari libur, do you like playing CAT, riris?"
      "Cat? oo I do not like cats and do not keep the cat. what about you, James?"
      "of course I like. I've won the championship playing CAT"

Tunggu-tunggu, gue mulai merasakan ada yang mengganjal antara pembicaran ini. Main kucing? di negaranya ada perlombaan kucing gitu? Ooo kontes kucing kali yaa. Pembicaraan masi berlanjut...

      "What colour do you like of the CAT and what the meaning"
      "in Indonesia color is usually black cat, white, brown and blaster colour. Which one do you like?"
      "I love green colour because a comfortable symbol. Before I went to Indonesia, I know the course of the color. There we can find out how to combine the right colors. for example, green with yellow will produce orange color (and so on)

Gue bner-bner ga ngerti arah omongan James kmana. Emang ada yaa kucing warnanya ijo, trus dicampur kuning, oren blaa..blaa.. blaaa. Astaga *ngelap keringet*

       "Riris, coba kamu lihat the colour of this curtain? is it not match"

Daaaann, stelah otak gue diajak berpikir keras. Gue menemukan maksud si James ngomong. Cat itu bukan kucing, tapi yaa CAT (cat tembok gitu) disini maksdnya menggambar, bermain warna, melukis, yaa semacam itulah. Gue sadar pas salah satu tmennya nunjukkin hasil karya James pas menang gambar. Oalaaaahhh, grammar gue mesti ditambah kalo gini critanya.

Itu baru satu bule. Slesai workshop, acara selanjutnya adalah Fair education. Jadi ada universitas-universitas yang mendirikan stand, promosi gitu. Dan itu bule smua yang jaga. Ada satu univ yang menarik perhatian gue. Pitts. Yeaaayy, dengan semangat gue jalan ke arahnya. Blom nyampe depan meja aja, si bule uda nyamperin dan narik bangku buat gue duduk. Ahh jadi ga enak.

        "you are my first guest, what the majoring you are looking for ?"

Dan percakapan selanjutnya....

Alhamdulillah kalo ama Miss Darblow ini gue nyambung wlopun kadang ngulang-ngulang. Pas lagi nanya-nanya, tiba-tiba ada bapak-bapak dateng trs duduk di sebelah gue. You know who this person is? Mr Scot Marciel, US Ambasador (norak bgt yeey) gpapa, maklum baru ini ktemua jd langsung exciting bgt.

Yaudah segitu aja curcol hari ini, berhubung si hitam belum sembuh jadi gue ga bisa upload foto. Next aja kalo inget baru di upload yaa. Uda mau tutup juga perpusnya.

See you :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYAKIT TIFUS .....BUKAN KARENA KELELAHAN

indahnya kebersamaan

New Me