Sabtu, 05 April 2014

PBL stories (bagian 5)

Selasa, 25 maret 2014


Hari ini kegiatan gue hampir seharian di luar rumah. Ngapain? Yaa banyak. Tapi hari ini gue abis berkebun sekaligus ngeliwet bareng sama ibu kader RW 01, namanya bu wati. Pertama kali kenal sama beliau tuh memberikan feedback yang agak kurang mengenakkan tapi ternyata setelah kita kenal lebih jauh ternyata beliau orangnya asik bangeeeett. Ramah, supel dan aaaahh sifat keibuannya itu loh yang bikin adem. Awalnya gue di ajak berkebun bareng temen gue, ifroh. Dari awal PBL 1 emang kita niatnya pengen banget ngerasain asiknya berkebun dan nyawah (tapi sampe sekarang kita semua blom kesampean untuk nyawah). Nah pas pertama kali ngebun yang gue rasain adalah TAKJUB! Norak? Yeaahh you can call me it. Bu wati ngajarin kita banyak hal tentang berkebun yang baik, mulai dari pupuk-pupuk alami yang aneh, cara nanem yang bener dan aahh banyaklah. Sekitar pukul 9 pagi ibu mulai siap-siap untuk masak. Yupss masaknya pun langsung di kebun dan tentunya dengan segala macem peralatan yang ada. Peralatan yang terbatas pun ngga membatasi ibu untuk masak. Yaa walopun masaknya sih sederhana tapiiii karna sebelumnya belom pernah nyoba untuk makan langsung di kebun jadi bawaannya excited bangeeeett. Di kasih makan ikan asin, sambel terasi ama lalapan aja rasanya seneeeengg bgt yaa mungkin karena pemandangannya kali yaa yang ngga bakal di dapetin di jakarta (di kampung gue aja blom tentu ngerasain). Kebetulan hari ini juga ada si bapak, suaminya bu wati. Bapak juga ikutan ngajarin kita berkebun, ikutan ngebolongin polybag sama buang-buangin rumput. NORAK? Hahahaa.... kali ini gue ikhlas kalo di bilang gitu. “Fabbyi ayyi alaa irrabbikumma tukazibba...” (maka nikmat Tuhanmu yang mana yang kau dustakan...) banyak banget hal-hal dalam hidup gue yang belom gue syukurin. Selaluuu aja ngerasa kurang, belom lengkap tapi selama selama disini gue ngerasa berkaca sama kehidupan mereka yang serba keterbatasan tapi mereka seneeengg bgt dan menikmati hidup. Makanya sebagian dari mereka ogah banget kalo di suruh tinggal di jakarta.
Okee, abis dari kebun bu wati kita langsung cuuuss ke rumah mak icih salah satu kader yang katanya kader paliiiing tua. Mak icih bilang kalo beliau udah jadi kader selama kurang lebih 30an tahun. Waw! Masyarakat percaya banget sama mak icih jadi pas beliau mau mengundurkan diri banyak masyarakat yang ngga setuju, “yaudah aja atuh nenek maju terus jadi kader...” mak icih bilang gitu. Oh iyaa biar akrab kita semua manggilnya nenek. Orangnya asiiiikk bgt. Baik luar biasa. Rumah beliau juga nyaman banget, maunya sih ga usah pulang tadi tapi gimanaaaa, banyak yang belum di kerjain. Yaudah akhirnya kita pamit deh dan tiba-tiba ko mata gue berkaca-kaca yaaa. Mau nangiiiiiss... entah karena kebaikan beliau yang ngebuat gue jadi segan dan ngehormatin banget. Pas kita pulang di bawain banyaaaaakk bgt makanan (sampe ngga bisa gue sebutin satu persatu), kalo ngasih itu ngga tanggung-tanggung. Ahh gue sampe kehilangan kata-kata untuk mengekspresikan beliau. Jadi malu sendiri karena ngga bisa ngasih apa-apa, Cuma doa yang tulus yang bisa gue kasih supaya ALLAH selalu dan senantiasa menjaga beliau dan keluarganya. AMIIINNNN...... baru pamitan pulang ke rumah aja udah berkaca-kaca gimana nanti pamitan pulang ke Jakarta. Emang udah jalannya begitu, ada pertemuan dan ada perpisahan. Ada banyak banget pelajaran hidup yang masyarakat desa Kaang Mulya kasih, pelajaran tentang rendah hati yang amat ngga peduli ke siapapun. Mungkin di awal kita tinggal disini belom terasa banget tentang kehatangannya tapi H-seminggu menjelang pulang gue ngerasa beraaaatt banget.
Allah yang maha baik dan yang punya jagat raya ini, allah yang ngga pernah tidur dan selelalu mengawasi pasti selalu punya rencana yang terbaik untuk beliau-beliau dan gue hanya bisa berdoa. Yaaa kita saling mendoakan yaa pak, bu . *tears*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar