Senin, 02 Mei 2016

Ojek VS Gojek

Saat ini zaman semakin maju hingga sebagian besar orang tidak perlu lagi menghabiskan banyak tenaga untuk melakukan suatu pekerjaan. Ditambah teknologi yang semakin canggih sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses segala informasi. Selain banyaknya manfaat atas majunya teknologi masa kini, ternyata banyak juga kekurangan yang harus dihadapi dan diselesaikan agar terjadi keseimbangan.

Salah satu issue yang sedang hangat adalah munculnya "Gojek Online" yaitu ojek berbasis online. Dimana setiap orang hanya mengandalkan aplikasi pada smartphone untuk memesan ojek tersebut. Layanan yang ditawarkan sangatlah menarik karena tidak hanya antar dan jemput pelanggan tetapi juga dapat memesan makanan di tempat yang diinginkan, selain itu dapat pula mengirim barang, dan layanan pijat. Dan yang paling penting adalahtarif yang ditawarkan sangatlah terjangkau. Semua layanan yang ditawarkan sangat menarik perhatian karena dapat memudahkan masyarakat.

Disamping layanan yang sangat menguntungkan ternyata ada pihak yang dirugikan yaitu Ojek Pangkalan. Mereka merasa semakin sulit untuk mendapatkan pelanggan karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki. Selain itu tarif yang ditawarkan oleh Ojek Pangkalan jauh lebih mahal dibandingkan dengan Gojek Online. Oleh karena itu sering ditemukan bentrok antara Gojek Online dengan Ojek Pangkalan.

Perselisihan tersebut ditengarai karena persaingan yang ketat antara Gojek Online dan Ojek Pangkalan. Jika ditelusuri sebetulnya tidak perlu ada perselisihan karena Gojek Online dan Ojek Pangkalan sama-sama mencari nafkah sebagai tukang ojek. Hanya saja sistemnya harus diperjelas. Gojek Online hanya dapat mengambil penumpang yang menggunakan aplikasi di smartphone sehingga jika ada penumpang yang tidak menggunakan smartphone tidak bisa menggunakan layanan gojek. Dan Ojek Pangkalan bebas mengambil penumpang dimanapun yang tidak menggunakan aplikasi smartphone, hanya saja tarif yang ditawarkan disesuaikan dengan pelanggan sehingga pelanggan tidak memikir dua kali untuk menggunakan jasa Ojek Pangkalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar