Senin, 02 Januari 2017

PENYAKIT TIFUS .....BUKAN KARENA KELELAHAN

Sumber: Djoko Sutopo (Keluarga Besar Gizi Indonesia)

TIFUS atau DEMAM TIPOID atau typhoid fever merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan olh bakteri Salmonella typhosa yg hidup di usus manusia. Penyakit tifus ditularkan melalui makanan/minuman yg tercemar tinja/kencing manusia dg perantaraan LALAT. Kotoran penderita tifus yang dibuang sembarangan akan dihinggapi lalat sehingga kaki-kaki lalat akan tercemar oleh bakteri Salmonella penyebab penyebab penyakit tifus. Selanjutnya, jika lalat menghinggapi makanan/minuman maka lalat akan mencemari makanan/minuman dengan bakteri Salmonella. Orang yang mengonsumsi makanan/minuman yang telah tercemar bakteri mempunyai kemungkinan besar akan terjangkit tifus. Jadi penyakit tifus adalah penyakit infeksi saluran pencernaan, BUKAN karena KELELAHAN.
Pencegahan berkembangnya penyakit tifus adalah dengan cara menjaga perilaku berdasarkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) misalnya:
1). menjaga higiene makanan dan memasak makanan dengan baik
2). buang air di wc, 
3). cuci tangan sebelum makan/minum dan sesudah buang air,
4). melindungi makanan/minuman dari pencemaran oleh lalat, kecoa, debu, dsb.

PERHATIAN:
1). Jangan mengobati penyakit tifus atas inisiatif sendiri tetapi konsultasilah dengan dokter
2). Pengobatan tifus harus adequat (memadai) karena harus disembuhkan secara sempurna. Pengobatan yang tidak adequat dapat menyebabkan kekambuhan yang lebih parah atau fatal.
3). Telur mentah dapat juga menjadi sarana penyebaran Salmonella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar